Pura Mobil Nusa Penida Liburan di awal tahun  2018 bertepatan dengan purnama sasih kepitu. Dimana pada hari yang baik ini sangat bagus untuk memulai awal tahun dengan persembahyangan. Kami melakukan persembahyangan menuju Nusa Penida, yaitu Pura Penataran Dalem Ped dan Pura Mobil Nusa Penida. Kami  menyebrang dari pelabuhan Tribuana yang berada di Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung, dengan menggunakan Gangga Express Fast Boat. Gangga Express Fast Boat memiliki jadwal keberangkatan pagi dari pelabuhan Tribuana menuju pelabuhan Sampalan sebanyak 3 kali yaitu pukul : 06.30 am, 07.00 am, dan pukul 07.30 am. Kami memilih keberangkatan pukul 07.30 am,  kurang lebih perjalanan dari Ubud menuju pelabuhan tribuana ini sekitar 40 menit perjalanan.

Pura Mobil Nusa Penida

Pura Mobil memiliki beberapa bangunan suci, salah satu dari pelinggih tersebut menyerupai sebuah mobil VW Beatle dan yang satunya lagi menyerupai mobil jimmy. Kedua pelinggih ini berada berdekatan sehingga tampak unik, selain itu di pura ini terdapat kera – kera namun tidak membahayakan. Sejarah awal berdirinya Pura Mobil ini, yaitu ada beberapa warga yang mendengar klakson dan suara derungan mobil di area tersebut. Suara mobil tersebut muncul setiap malam hari dan menurut pewisik salah satu pemangku didesa tersebut harus dibuatkan sebuah pelinggih yang berbentuk mobil. Piodalan di Pura Mobil ini pada tumpek krulut, pastinya banyak pemedek yang tangkil untuk melakukan persembahyangan disini.

Setelah selesai Tirta Yatra kami melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi objek wisata yaitu Kelingking Beach, Pohon Cinta Mati dan Crystal Bay Beach Nusa Penida yuk dilihat blog kami Selanjutnya.